Laman

Jumat, 03 Juni 2016

#TUGAS03KMO MIND MAP 2 dan Outline



Menulis untuk Pemula
By Fajar Nuraini Yasmin


No
Bab
Uraian
1
Pengertian Menulis Menurut Para Ahli
-          Menurut Henry Guntur Tarigan (1986:  15) “Menulis dapat diartikan sebagai kegiatan menuangkan ide atau gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampai”.
-          Menurut Burhan Nurgianto (1988:  273) “Menulis adalah aktivitas lebih produktif; aktivitas menghasilkan bahasa”
Jadi, dapat disimpulkan bahwa, menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptkan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.
 2
Tujuan Menulis
-          Memberikan Informasi
-          Memberikan keyakinan kepada pembaca melalui tulisan seorang penulis dapat mempengaruhi keyakinan pembaca
-          Sarana pendidikan
1.      Mengerjakan soal
2.      Menulis soal
3.      Merangkum
3
Tahapan dalam Menulis
a.       Tahap Pratulis
Tahap pratulis merupakan tahap paling awal dalam kegiatan menulis. Tahap ini terletak pada sebelum melakukan penulisan. Di dalam tahap pratulis terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penulis. Mulai dari menentukan topik yang akan ditulis. Penulis mempertimbangkan pemilihan topik dari segi menarik atau tidaknya terhadap pembaca.

b.      Tahap Pembuatan
Draf Draf yang dimaksud adalah tulisan yang disusun secara kasar. Pada kegiatan ini penulis lebih mengutamakan isi tulisan dari pada tata tulisnya sehingga semua pikiran, gagasan, dan perasaan dapat dituangkan ke dalam tulisan.

c.       Tahap Revisi
Merevisi berarti memperbaiki, dapat berupa menambah yang kurang atau mengurangi yang lebih, menambah informasi yang mendukung, mempertajam perumusan penulisan, mengubah urutan penulisan pokok-pokok pikiran, menghilangkan informasi yang kurang relevan, dan lain sebagainya. penulis berusaha untuk menyempurnakan draf yang telah selesai agar tulisan tetap fokus pada tujuan.

d.      Tahap Penyuntingan
Pada tahap penyuntingan penulis mengulang kembali kegiatan membaca draf. Tulisan pada draf kasar masih memerlukan beberapa perubahan. Kegiatan selama tahap penyuntingan adalah meneliti kembali kesalahan dan kelemahan pada draf kasar dengan melihat kembali ketepatannya dengan gagasan utama, tujuan penulisan, calon pembaca, dan kriteria penerbitan.

e.       Tahap Publikasi
Tahap publikasi merupakan tahap paling akhir dalam proses menulis. Dalam tahap ini yang dilakukan adalah memublikasikan tulisannya melalui berbagai kemungkinan misalnya mengirimkan kepada penerbit, redaksi majalah, dan sebagainya. Dapat pula dengan berbagi tulisan dengan berbagai pembaca.
4
Hambatan dalam Menulis
a.       Rasa percaya diri yang kurang
b.      Menunda-nunda
c.       Bingung harus mulai dari mana
d.      Bermasalah dengan paragraf awal
e.       Tulisan tidak sesuai dengan maksud dan tujuan

5
Mengatasi Hambatan dalam Menulis
a.       Menulislah !
b.      Jangan menunda-nunda !
c.       Dengarkan musik (jika perlu) untuk mencari inspirasi
d.      Tetap konsisten
e.       Perbanyak membaca, mendengarkan curhatan orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar